SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN SOGAN KALURAHAN BUDAYA SOGAN SUMRINGAH Sejarah Sogan

Artikel

Malam Tirakatan dan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Bersih Desa Kalurahan Sogan

26 September 2024 11:02:26  Mursali Adi  43 Kali Dibaca 

Kalurahan Sogan menggelar Malam Tirakatan dan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Bersih Desa untuk tahun 2024. Acara yang dilaksanakan pada Sabtu Legi (21/09) ini berjalan dengan lancar dan meriah.

Kegiatan Bersih Desa ini dimaksudkan dan ditujukan sebagai bentuk rasa syukur dari warga Kalurahan Sogan atas kehadirat Allah SWT atas limpahan berkah, rahmat dan hidayah-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga ditujukan sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian kesenian trdaisional sebagai budaya bangsa dan bentuk kagiatan untuk mempererat kerukunan dan kegotongroyongan antar berbagai golongan warga di Kalurahan Sogan.

Filosofi dari Bersih Desa ini yaitu sebagai salah satu sarana untuk menghindari dan menjauhkan diri dari bencana atau musibah (kolo) di wilayah Kalurahan Sogan. Kegiatan ini, yaitu sebagai bentuk tradisi masyarakat Sogan yang diadakan setiap tahun yang ditujukan untuk membersihkan diri dari sifat iri hati, dengki, sombong, congkak, tinggi hati, dan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum adat masyarakat. Selain itu, juga untuk membersihkan lingkungan dari berbagai halangan sehingga mampu tercipta suasana lingkungan yang aman, tertib dan sejahtera dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat.

Rangkaian acara Bersih Desa ini dimulai dengan Tirakatan yang dihadiri oleh tamu undangan dari Forkompimda dan Forkompimkap, serta tokoh masyarakat Kalurahan Sogan pada pukul 20.00 WIB.

Dilanjutkan Pagelaran Wayang Kulit yang dimulai pukul 21.00 WIB, dengan lakon Lahire Wisanggeni oleh Dalang Ki Wisnu Hadi Sugito dan Karawitan Langen Gita.

Penampilan penuh pagelaran Wayang Kulit dapat dilihat di YouTube Jogja Live Streaming :

https://www.youtube.com/live/K0g4OO6brlg?si=c9R-x7U5L_mDIufv

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Wates-Purworejo, Km 6, Sogan, Wates, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.
Kalurahan : Sogan
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774203
Email : desasogan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:89
    Kemarin:196
    Total Pengunjung:82.667
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.147.86.6
    Browser:Mozilla 5.0