SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN SOGAN KALURAHAN BUDAYA SOGAN SUMRINGAH Sejarah Sogan

Artikel

Gugon Tuhon Masyarakat Kalurahan Sogan

03 Juli 2024 10:35:16  Mursali Adi  70 Kali Dibaca 

Gugon Tuhon

(Cerita Rakyat Tentang Keselamatan dari Penyakit dan Marabahaya Masyarakat Sogan)

Pada jaman sebelum Tahun 1945, jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, diceritakan bahwa wilayah Kulon Progo (dulunya bernama Adikarto), sebagian besar wilayahnya terjangkit wabah penyakit menular dan mematikan yang disebabkan oleh banyaknya populasi tikus hingga menimbulkan penyakit pes. Penyakit pes yaitu penyakit virus yang berasal dari tikus, dan masa iitu disebut masa pagebluk.

Salah satu wilayah yang terjangkit penyakit mematikan tersebut adalah wilayah Kalurahan Sogan dan wilayah desa-desa sekitarnya. Dan menurut cerita, banyak warga sogan yang meninggal dunia. Pada saat tersebut, masyarakat masih percaya dengan tahayul/mistis dimana pada suatau saat ada seorang kakek tua yang datang secara tiba-tiba di wilayah Sogan dan memberikan saran kepada masyarakat Sogan untuk memasang janur kuning di setiap pojok rumahnya sebagai tulak bala terhadap segala ancaman penyakit dan marabahaya lainnya.

Alhasil pada waktu itu banyak masyarakat Sogan yang percaya dan memasang janur kuning di rumahnya, terutama di empat sudut rumahnya. Dan terbukti lambat-laun penyakit tersebut menghilang dan masyarakat Sogan selamat dari masa pagebluk karena penyakit pes tersebut, padahal di desa lain penyakit tersebut masih merajalela. Dari cerita yang disampaikan oleh nenek moyang kita bahwa seorang kakek tua tersebut adalah seorang petapa sakti dari Gunung Jeruk (Gunung Kecut) yang berada di Wilayah Pegunungan Menoreh, barat daya dari wilayah Sogan.

Dalam pesannya bahwa disampaikan jika masyarakat Sogan yang berada di Dol Wetan (Selatan Timur) Gunung Jeruk (Gunung Kecut) tersebut adalah sebagai bibit dari masyarakat lain, yang akan terselamatkan apabila terjadi segala bencana, baik penyakit maupun bencana alam.

Dan menjadi kepercayaan bagi masyarakat apabila ada penyakit yang menjangkit di wilayah sekitar Sogan ataupun ada bahaya berupa bencana alam, masyarakat Sogan percaya akan selalu diberikan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa karena berada di Dol Wetan Gunung Jeruk (Gunung Kecut). Dan sampai saat ini masih banyak masyarakat yang percaya apabila muncul kabar adanya bencana alam, atau munculnya penyakit menular masyarakat selalu memasang janur kuning di sudut-sudut rumahnya. Namun tentu saja semua ini berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Demikian cerita Gugon Tuhon yang ada di wilayah masyarakat Sogan terkait dengan kepercayaan akan letak Desa/Kalurahan Sogan dan Ikhtiar Tolak Bala dengan Janur Kuning.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Wates-Purworejo, Km 6, Sogan, Wates, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.
Kalurahan : Sogan
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774203
Email : desasogan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:38
    Kemarin:162
    Total Pengunjung:73.280
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.59.46.23
    Browser:Mozilla 5.0